Wednesday, May 7, 2014

Pengalaman kuliah penulisan ilmiah, Prof. Dr. Imam Robandi

Senin, 5 mei 2014

       Pukul 06.00 pagi, dikampus masih sangat sepi hanya beberapa mahasiswa yang keluar dari laboratoriumnya masing - masing untuk pulang ke kos. Seperti biasa, banyak mahasiswa elektro ITS yang tidur di lab untuk mengerjakan tugas atau sedang mengerjakan riset. Pagi itu, saya juga bergegas pulang dari laboratorium untuk mempersiapkan diri kuliah dengan salah satu guru besar elektro ITS, beliau adalah Prof. Dr. Imam Robandi. 
       Saya dan teman - teman pascasarjana elektro ITS angkatan 2013 mengawali kuliah penulisan ilmiah bersama Prof. Imam Robandi pukul 07.30. Kuliah ini merupakan pertama kali bagi saya mengikuti kuliah bersama beliau walaupun saya sudah 5 tahun kuliah disini sejak saya masih kuliah tingkat sarjana sampai pascasarjana. Saya sudah kenal beliau saat saya masih kuliah tingkat sarjana, beliau merupakan dosen yang produktif dalam penelitian, banyak paper yang sudah beliau published baik dalam bentuk jurnal maupun seminar, baik tingkat internasional maupun nasional. beliau juga sudah banyak meluluskan doktor - doktor baru dari teknik elektro ITS. Selain itu, beliau juga sering menjadi pembicara di berbagai daerah tingkat nasional. Saya sangat kagum dan sangat terinspirasi dengan prestasi dan karya beliau sehingga kuliah penulisan ilmiah ini, saya sagat bersemangat dan ingin menggali ilmu yang beliau berikan.
     Mengawali kuliah penulisan ilmiah, beliau memberikan oleh - oleh dari jepang yaitu sebuah lagu penyemangat berbahasa jepang "kitaguni no haru" yang beliau nyanyikan sendiri. Setelah itu, beliau menampilkan banyak foto dan berbagai video tentang kehidupan jepang. Saya dan beberapa teman sekelas menikmati dan mendengarkan penjelasan beliau dari beberapa lagu dan video yang beliau tampilkan. Tatap muka yang pertama dari kuliah penulisan ilmiah ini memang beliau fokuskan dengan memotivasi dan mengajak kami untuk mempunyai cita - cita,  mengajak kami bekerja keras, mengajak kami untuk berkarya dan berprestasi di usia muda. 
         Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada Prof. Dr. Imam Robandi yang memberikan banyak nasihat kapada kami. saya ingat satu nasihat dari beliau, "Jadilah orang yang bisa mewarnai Indonesia dengan karya dan tulisanmu". Beliau sudah menyadarkan kepada kami untuk menjadi bagian dari sejarah Indonesia nantinya lewat karya dan tulisan kami. Apakah kita sebagai pelajar akan menjadi pembawa perubahan peradaban yang lebih baik, atau hanya sekedar menjadi penonton dari peradaban. Dari beberapa foto dan video yang sudah beliau sampaikan kepada kami, dari pengalaman hidup beliau yang sudah beliau ceritakan kepada kami telah mendokumentasikan gagasan - gagasan indah kepada kami dan akan menjadi catatan tersendiri bagi kami, betapapun sederhananya.
           Sungguh beruntung bisa mengenal dan bersilaturahmi dengan beliau. Semoga silaturahmi melalui kuliah penulisan ilmiah ini dapat senantiasa terpelihara dalam lindungan dan ridho Allah SWT.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home